Masalah itu Banyak Manfaatnya…

coba-coba lagi.. niruin cara nulis motivator..

belajar terus…


Masalah itu Banyak Manfaatnya…

Sobat punya masalah? Sama dengan saya. Saya juga punya masalah, begitu juga dengan bermilyar-milyar manusia di muka bumi ini. Masalah adalah bagian dari hidup seorang manusia tidak ada manusia yang memiliki masalah, sewaktu kita dilahirkan dibumi ini, kita sudah punya masalah, yaitu tidak bisa berbicara, berjalan, menulis, dan lain-lain. Kalau mau ngga’ ada masalah makanya kudu masuk surga. Beramal yang baik-baik dimuka bumi ‘ni.

Dalam sebuah buku yang berjudul Cracking The Millionaire Code, karangan Mark Victor Hansen (penulis Chicken Soup for the Shoul), dan Robert G. Allen (penulis Creating Wealth) dikatakan bahwa masalah Anda bernilai jutaan. Wow… fantastic bukan! Masalah itu bernilai jutaan, berarti masalah punya manfaat yang luar biasa terhadap diri kita. Jadi semakin banyak Sobat punya masalah maka semakin kaya saja Sobat. Tentu saja kekayaan ini akan mampu Sobat raih, jika mampu mengoptimalkannya.

Apa saja manfaat yang Sobat dapatkan ketika mempunyai masalah:

Sebagai penghapus dosa

Wow… ngga’ salah tuh! Kok bisa masalah bisa menghapus dosa.

Adanya masalah yang Sobat rasakan selama ini mungkin adanya langkah yang bengkok dalam berjalan di dunia ini. Maksudnya kita selalu berbuat salah ditiap periode waktu hidup kita. “ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baikmu, maka akan menghapuskannya” begitulah pesan dari Nabi Muhammad SAW kepada kita. Luar biasa… ketika kita mempunyai masalah akan selalunya kita berbuat salah dalam hidup ini, berarti kita punya masalah dan teruslah berbuat baik agar menghapuskan perbuatan buruk kita.

Jadi lebih dewasa

Dengan masalah akan membuat kita menjadi lebih dewasa. Maksud dari kata dewasa dalam konteks ini adalah bukan dari segi umur dan dari segi tinggi badan namun, dewasa dalam bersikap, dewasa dalam mengambil keputusan, dewasa dalam berfikir, dewasa dalam bergaul atau berinteraksi, dewasa dalam berbisnis, dewasa dalam menulis, dewasa dalam hal apapun. Kenapa kita bisa jadi lebih dewasa? Jawabannya adalah kita dituntut untuk tidak terjerumus lagi ke lubang sebelumnya sehingga kita pun seharusnya mengambil tindakan untuk tidak terjerumus kembali. Sangat ironis banget, ketika seseorang jatuh di lubang yang sama dikedua kalinya bahkan berkali-kalinya.

Masalah itu nikmat

Masalah itu seperti garam bagi sayur, pupuk bagi tanaman, kecap bagi nasi goreng, keyboard dan monitor bagi computer. Artinya kehidupan pun tidak akan lengkap dan nikmat jikalau ngga’ ada masalah, karena kita merasa tertantang untuk menghadapinya, kalau kita berhasil mengalahkan tantangan itu, maka suatu kenikmatan bagi seseorang tersebut. Sebagai contoh seorang penerjun yang begitu menikmati ketika berhasil turun dan tepat digaris yang ditentukan, seperti penantang maut seperti pesulap Chris Angel yang begitu menikmati ketika ia berhasil keluar dari bahaya permainan sulapnya. Itulah masalah begitu nikmat ketika berhasil dihadapi. Oleh karena itu, setiap ada tantangan ada tiga cara untuk mengalahkannya yaitu: HADAPI, HADAPI, dan HADAPI. Insya Allah kenikmatan telah menanti didepanmu wahai para pejuang.

Bertambahnya ilmu

Masalah juga akan mendatangkan bertambahnya ilmu kita. Kok bisa? Bisa donk.. karena masalah yang kita hadapi terkadang butuh ilmu untuk mengatasinya, sehingga kita pun harus mencari referensi untuk menghadapinya seperti buku-buku, artikel-artikel, ceramah-ceramah, nasehat dari teman, dan lain-lain. Dan pasti, kita pun akan mendapatkan ilmu baru dari referensi tersebut. Misal Sobat mempunyai masalah akan bagaimana cara memulai bisnis, maka carilah referensi yang berkaitan dengan masalah bagaimana cara memulai bisnis, coba Sobat search di mbah google, ketikkan “bagaimana cara memulai bisnis” dan disana akan tersedia ilmu-ilmu untuk dimasuki kedalam otak Sobat. Atau pergi ke toko buku terdekat dan cari buku yang bertemakan bagaimana cara memulai bisnis. Atau juga ikuti seminar-seminar entrepreneurship yang kian hari kian menjamur diseluruh Indonesia, ikuti dan pelajari. Seperti itulah… sehingga ilmu kita akan bertambah disebabkan adanya masalah yang kita hadapi.

Dapat duit

Loh.. kok bisa dapat duit? Maksudnya masalah itu akan mendatangkan keuntungan materi berupa duit, jika kita bisa memanfaatkannya, seperti halnya seorang penulis best sellerThe Way to Win” yaitu Solikhin Abu Izuddin yang juga penulis buku best sellerZero to Hero” . ia membuat buku “The Way to Win” karena ia melihat mengapa para peserta seminar motivasi yang hanya termotivasi ketika seminar itu saja. Bisa dilihat bahwa masalah bisa membawa keuntungan secara materi kepada kita, kalau kita pintar dan cerdas memanfaatkannya.

Sebenarnya banyak manfaat dari masalah. Tergantung bagaimana kita memposisikan masalah tersebut ke manfaat.

Bandung, 19 Des 09

Aldo Al Fakhr

Blogger Pencari Spirit yang Hilang

3 thoughts on “Masalah itu Banyak Manfaatnya…

  1. sthevanie berkata:

    yosh, good article,
    jadi semakin semangka menghadapi apapun rintangan di depan …

    pepatah bilang

    “rintangan itu bukan untk memberhentikan langkah kita, tapi untuk mengukur seberapa kuat azzam kita untuk mencapai suatu tujuan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s