Aktifis Produktif

Aktifis Produktif

Menjadi seorang aktifis produktif pasti membutuhkan kemampuan yang tidak main-main, apalagi bagi seorang Aktifis Dakwah Kampus atau sering dikenal dengan kata ADK. Terkadang antara agenda tarbiyah, agenda dakwah, dan agenda akademik acap kali berbenturan. nah disinilah diperlukan kedewasaan kita dalam mengambil tindakan.

Telah 2 kali, aku menjadi pengisi acara yang temanya tuh sama, yaitu tawazun (seimbang). Seimbang disini maksudnya adalah antara kuliah dan dakwah. Yang pertama di Kajumpa (kajian jum’at pagi) dan yang kedu di acara Sigma3. Jujur aku merasa senang, kerana bisa memberikan kontribusi kepada dakwah, mengajarkan kepada mereka dan sejujurnya aku juga sedang belajar untuk bisa tawazun antara kedua hal itu.

Buku yang ingin aku rekomendasikan kepada kamu sekalian adalah Fiqh Prioritas (Fiqh Aulawiyat) karyanya Yusuf Al Qaradawy. Bagi yang udah pernah baca, coba di baca lagi. Apa kamu yakin dengan sekali membaca bisa langsung paham.

Aku pernah menyampaikan, bahwa Sebagai seorang mahasiswa, ada 3 zona yang harus diambil perannya. Apa itu? yaitu: zona Dakwah, zona Siasi, dan Zona akademis.

Zona dakwah ini peran kita sebagai seorang muslim. Yang diwajibkan untuk berdakwah. Seperti yang dikatakan oleh Al-Qur’an didalam QS. Al-Fussilat:33. “Wa man Ahsana Qaulam mimman da’a ila Allah?” siapa yang lebih baik diantara kamu yang menyeru kepada(agama) Allah. Menurut tafsir Jailain, bahwa Qarinah (indikasi) dari ayat ini menyebabkan diwajibkannya seorang muslim untuk berdakwah. Coba aja kamu search di google mengenai kewajiban dalam berdakwah. Pasti ada pembahasan yang lebih baik.

Zona Siasi. Nah.. ini adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Yaitu megabdi kepada masyarakat. Maksudnya kita sebagai mahasiswa harus terlibat aktif di masyarakat sebagai bentuk konkret kita sebagai pengemban tridharma PT. apa aja yang bisa dilakukan? Banyak, sepeti memberikan kursus gratis menggunkan computer, mengenalkan internet, sembako murah, pengobatan murah bahkan bisa gratis, dan lain-lain.

Zona akademis. Nah.. ini udah pasti. Coba Baca QS. Al-Mujadilah:11, bahwa seorang muslim yang beriman yang memiliki ilmu akan ditinggikan derajatnya. Ini adalah tugas kita juga sebagai mahasiswa. Jangan dilupakan. Mentang-mentang dah sibuk di siasi dan dakwah, kuliahnya keteteran dan nilai jatuh. Ga ada cerita yang begitu-begitu an. Tidak bisa menjadi alas an. Intinya di manajemen waktu kamu. Kalau kamu sendirinya males, yah ga mungkin bisa IP mu bagus.

Nah sebagai seorang mahasiswa kudu nih melakoni peran di ketiga zona tersebut. Bagi yang belum melakoni peran. Ayo masih ada kesempatan bagi kamu tuk menjadi aktifis produktif.

Aku juga pernah menyampaikan bahwa sejatinya aktifis itu kurang peduli akan waktu istirahatnya (bukannya ga peduli ya….) dan sangat amat peduli akan waktu militansinya.

Oke my Friends, bersiaplah menjadi aktifis produktif.

Iklan

3 thoughts on “Aktifis Produktif

  1. Favian berkata:

    kayaknya penjelasan yg zona siasi masih kurang tepat deh… karena zona siyasi lebih terkait pada pengaturan/regulasi yang terkait dalam usaha menjaga dan memberikan pelayanan kepada masyarakat agar nilai-nilai Islam tetap terjaga.
    Ini mah cuman pendapatku aja…

    Btw… nice article.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s