Ukhuwah yang Kurang

Ukhuwah yang kurang, ah… itu mah biasa.. ga asing lagi telinga ini mendengarnya. Banyak dari ikhwah-ikhwah disekitar aq yg mengatakan seperti itu. terkadang geram juga dengernye.

sepertinya masalah ini sering dijadikan kambing hitam atas proker-proker yang tidak jalan. ngeles… yang bagus. cukup bisa menipu dan membalikkan keadaan. licik.

“kenapa sih proker kita kok ga jalan?
mungkin karena tidak adanya koordinasi yang baik atau dengan kata lain ukhuwah yg lemah.”

kate siape!!!

selayaknya masalah ini tidak perlu lagi di perhitungkan dlm sebuah wajihah atau organisasi. Mulailah dari kitanya sendiri, tanyakan pada diri kita sendiri.

1> sejauh mana kedekatan kita dengan sahabat kita, misal: nama orang tuanya, anak keberapa, hobinya, tanggal lahirnya, kebiasaan-kebiasaannya, dll

2> seberapa cinta kita terhadap saudara kita sendiri, disaat ia lagi futur, apakah kita bisa menasehatinya agar imannya menjadi meningkat kembali

3> Seberapa sering interaksi kita dengan wajihah atau organisasi kita, seperti sering datang syuro’, pleno, rakor, atau apapun lah namanya.

4> sesehat apakah liqo’ kita, ini merupakan hal yg sangat penting bagi seorang kader dakwah agar senantiasa terjaga.

5> sebanyak apa bacaan kita, keikutsertaan seminar-seminar, tastqif, dll mengenai ukhuwah dan dakwah itu sendiri. kata kawan aq, tarbiyah itu tidak cukup hanya ikut liqo’ doang. tapi ditambahkan dengan membaca buku, ikut tastqif, seminar2, dll

nah, kelima hal diatas cobalah dijawab dan cobalah dievaluasi dengan serius. insya Allah ukhuwah tidak akan lemah. tentunya ajak lah teman kita untuk menjawab dan mengevaluasi pertanyaan-pertanyaan diatas tersebut.

oke… selamat merajut ukhuwah akhi….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s