selektif memilih kawan

tau ga pren!,

ga benar kalau kamu bilang bahwa setiap orang adalah temanmu. tetapi kita harus mampu dalam menyeleksinya berdasarkan kriteria-kriteria seorang teman sejati (kayak liriknya brothers aja), baik itu dari perangainya, sifatnya atau yang lainnya yang dapat menyebabkan gairah hidup menjadi tinggi dan kitapun dapat manfaat dalam tautan tali ukhuwah itu. banyak sekali manusia, mungkin termasuk saya dan kamu mencari teman karena tendensi keduniaan, seperti harta, kedudukan, atau sekedar pingin ngobrol doang. hal itu ga’ bener pren!

so, cari teman sejatimu. pandai-pandailah dalam mengangkat seseorang menjadi teman. teman yang dapat membantumu mencari apa yang kau cari selama ini. teman yang dapat mendekatkan kamu kepada Tuhan mu. teman yang dapat memberi nasehat yang walaupun nasehat itu sakit bagimu.

“tidaklah benar dikatakan sebagai  seseorang teman, yang ketika kamu melakukan kesalahan, ia tidak menegurnya.”

jadi, ntar kalo ada teman kamu yang nasehati kamu, yang kata-katanya nyinggung hati kamu, yah ga pa pa. itu bentuk dari kasih sayangnya dan cintanya ia kepada kamu. tapi kamu jgn ke-geer-an ya! ibarat seseorang yang akan jatuh kejurang, diselamati temannya dengan menarik tangan kamu ke atas, tangan kamu akan sakit, tapi kamu selamat kan!

masih ingatkan, kalau kita deket-deket dengan penjual minyak wangi, maka kita pun mendptkan wanginya, sebaliknya, kalu kita deket-deket dengan pandai besi, maka kita akan dapat asap dan percikan apinya.

walaupun nanti, ketika dlm pencarian kamu tidak akan pernah mendptkan teman yang sangat-sangat bersih dari dosa. tapi pilihlah teman yang mana kebaikannya lebih banyak dibandingkan keburukannya. bingung. gini, misal ada seseorang yang memiliki kebiasaan buruk yaitu sering ngences dan ngorok, bisa kebayang ga tuh, ha…ha…, tapi ditiap pertiga malemnya ia tegap berdiri mendirikan qiyamul lail. nah.. inilah maksud saya. ngerti kan!

salah satu 7 golongan yang mendapatkan naungan Allah pada hari kiamat yang mana tidak ada naungan selain nauangan-Nya, yaitu sepasang sahabat yang bertemu dan berpisah karena Allah. Romantis banget ya… senengnya aq. hi…hi…

so, lebih selektiflah kamu dalam memilih teman.

5 thoughts on “selektif memilih kawan

  1. huzaifahchuy berkata:

    bener banget aku setuju dengan apa yang kamu utarakan…
    aku sendiri masih bingung siapa yang tepat menjadi soulmate

  2. huzaifahchuy berkata:

    kalian tau nggak hari ini adalah hari yang sangat menyebalkan…
    ingin marah tapi ku hanya sendiri aku tak tau siapa yang salah aku atau dia

  3. huzaifahchuy berkata:

    ya, allah bantulah aku lindungi aku sayangi aku…………
    jauhkanlah aku dari orang-orang yang bermaksud nggak baik kapadakuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

Tinggalkan Balasan

