dunia komputer mengajarkan kita banyak hal 2

sampai mana ya!!

kan di tulisan saya sebelumnya yaitu : Dunia komputer mengajarkan kita banyak hal (1), kalau lum dibaca, disarankan jangan baca yang ke 2 terlebih dahulu. ok.

Pak AGV telah duduk di singgasananya yang megah (alah…apaanya megah). backsound: idih … weikk…

yah, pak AGV adalah seorang dosen ORKOM, ia mengajarkan sangat detil sekali dan sangat bisa membawa mahasiswa-mahasiswa ngerti pelajarannya, ia mengambil contoh-contoh yang sangar real terjadi sekarang ini.


kan pelajaran tuh dimulainya jam 09.00 tepat, tapi ia datang jam 08.30. salut banget ama tuh dosen, loyalitas yang diberikannya ke institusi sangat tinggi sekali. seharusnya dosen seperti inilah yang harus ditiru oleh dosen-dosen lain yang belum sadar akan amanahnya sebagai dosen. Sebelum mulai pelajaran ia bercerita kepada kami, betapa dunia komputer itu mengajarkan hal-hal yang luar biasa.

tau ga dek, ia memanggil kami para mahasiswa dengan kata “adek”. yah mungkin biar lebih akrab aja mungkin ya!

dunia komputer itu mengajarkan kita banyak hal dan dapat di aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari dan bahkan bisa memecahkan permasalahan yang sedang kita alami. tentu sebagai seorang muslim, pedoman kita adalah al-quran dan as sunnah, tapi tidak menutup kemungkinan pelajaran kehidupan ini datang dari manapun, termasuk dunia komputer. dan yakinlah teman bahwa dunia komputer itu bukan diciptakan oleh dunia bnarat, tapi yakinlah wahai saudaraku, dunia komputer itu dibuat oleh Alloh, kan Alloh yang mempunyai otak manusia, betul ga?

kok bisa ya, kita bisa mengambil pelajaran dari dunia komputer! nah ini buktinya

chace

ada yan g mengenal kata ini, bagi sebagian orang yang berkecimpung dalam bidang komputer pasti telah mengenal kata ini, prinsip kerja dari chace tuh sama kayak buffer, jadi dengan ada bantuannya chace pengaksesan suatu data ke memory tidak lama, karena sebelumnya telah disimpan dalam chace. misal waktu access ke memory 128 kbps, nah waktu itu bisa di persingkat dengan adanya chace, kita letakkin aja chace sebelum memory, sehingga sudah pasti waktunya akan semakin cepat kan? kalau misalnya belum ngerti masalah chace, bisa searching di google.

nah hubungannya apa? gini saya jelasin. di dalam chace tuh ada namanya chace hit dan chace miss, maksudnya apa? jika chace hit berarti data yang akan kita akses tepat berada di chace, misalnya miss, berarti data yang ingin kita akses tidak ada. nah disini ada pelajaran yang dapat kita ambil, dalam memutuskan suatu permasalahan, kita harus tepat agar tidak miss. sehingga waktu untuk aktivitas yang lain tidak terganggu karna permasalahan tersebut. di bidang investasi pun ada kaitannya juga lho! kita harus jeli dan tepat memilih tempat untuk berinvestasi jangan sampai uang yang dah banyak kita investasikan di suatu tempat terbuang dengan sia-sia, kan rugi tuh!

Paralelisme

pernah dengar kata “pipeline”, nah prinsip pipeline adalah prinsip paralelisme. yang pertama kali memun culkan ide paralelisme adalah jhon lord, pendiri pabrik mobil yaitu LORD. ia menganggap bahwa jikalau kerjaan dilakukan dengan paralel maka suatu pekerjaan akan sangat cepat, misalnya ada yang ngerjain masalah mesin, masalah body mobil, ban mobil, jok mobil, dan aksesoris-aksesoris yang lain. bayangkan akan betapa cepatnya sebuah mobil dapat dibuat.

so far so good

didalam komputer, sebelum adanya pipeline, instruksi dikerjakan dengan serial, maksudnya instruksi harus diselesaikan terlebih dahulu semuanya, setelah itu baru dilanjutkan dengan instruksi berikutnya. dengan pipeline waktu instruksi akan lebih cepat, kalau bingung, nih saya kasih ilustrasi:

I=instruksi

E=execution

D=decode

Misal ada 3 instruksi

Serial :   I D E I D E I D E

Paralel : I D E

I D E

I D E

dapat rerlihat bahwa waktu yang pakai pipeline lebih sedikit, berdasarkan contoh diata, serial membutuhkan 9 timeslot, sedangkan paralel hanya membutuhkan 5 time slot

hubungannya apa, kita bisa memanfaatkan konsep paralel ini dalam bisnis kita, sehingga waktu penyelesaian suatu produk cepat, apa yang terjadi jika pwaktu pengerjaan semakin cepat?   jumlah produk pun akan semakin banyak, dan insya Alloh omzet kita pun akan semakin meningkat.

Mungkin itu aja dari saya, sebenarnya sangat banyak hal-hal lain dalam dunia komputer yang dapat memberikan pelajaran kehidupan kepada kita. car ilmu sebanyak-banyaknya, karena Alloh lebih menyukai muslim yang memiliki banyak ilmu dibandingkan muslim yang kurang ilmunya

semoga bermanfaat

Aldo Al Fakhr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s